`` Nabe Party ``

Setaun jadi penghuni di Zhao Laboratory, baru sekali dapat tawaran dari teman cewe Jepun untuk ngumpul bareng. Kalo dengan teman Cina sih seriiing, mulai dari makan bareng, nonton bareng, shopping bareng sampe traveling bareng. Makanya pas Fumika chan dan Hiroko chan nawarin, saya dan para cewe cina langsung mengiyakan...kesempatan langka, jangan dilewatkan !!

Waktu sudah ditentukan, tepatnya sehabis zemy lab yah skitar jam 8 malam. Hiroko chan berbaik hati menjamu kami di apartemen (apato nya). Menunya...hmm berhubung sekarang adalah musim dingin, mnurut Fumika chan biasanya orang Jepun memilih Nabe sebagai menu utama dikala mereka berkumpul.

Menurut mbah Wikipedia.., nabe itu asal kata dari nabe (panci) mono (benda/berbagai hal), merujuk pada aneka jenis makanan jepang yang disajikan dengan hotpot, misalnya : Oden (kaya` sup gitu trus biasanya kuahnya dari kaldu sapi trus isinya telur rebus, lobak, konyaku, fishcake dll tergantung selera ), sukiyaki & shabu-shabu (nah ini dah banyak di Indonesia jd g perlu dijelasin), motsunabe (kalo yang ini jenis nabe khas dari Fukuoka. Bahannya tuh jeroan sapi atau tergantung selera serta aneka sayuran), dan kalo kamu pengen menyaingi badan para pesumo, coba deh konsumsi chankonabe secara teratur (nabe khusus yang bahannya bakunya lebih banyak, beragam dan bergizi untuk membantu para pesumo menaikkan berat badan mereka  )

http://www.tokyo-japanhotels.com/indochinahotel-images-demo/news/img1/tokyo-oden.jpg
Oden
Motsunabe.jpg
Motsunabe





File:Chankonabe-example-ebisu-zoomin.jpg
Chankonabe

Hiroko chan rupanya telah googling berbagai jenis nabe dan menjatuhkan pilihannya pada Tomato Nabe dan isinya aneka seafood, tofu serta sayuran. Saya dan yang lainnya setuju saja, pengen nyoba nabe jenis baru. Dan karena merasa nda enak sudah diundang tapi g bawa apapun, akhirnya saya nawarin untuk bawa daging ayam (halal tentunya ;), mereka tak menolak.

Oh iyah.. nabe disajikan di panci khusus lho, tekstur pancinya tebel kayakx sih dari gerabah yh... pancinya diletakkan diatas kompor gas portable.


Ini nih bahan dan cara membuat Tomato Nabe

Bahan sup/kuahnya
- Pasta / Jus tomat (Tomato juusu) tergantung stock
- Bawang putih (niniku) tergantung selera
- Garam (shio) secukupnya
- Minyak goreng (abura) satu sendok teh
- Air

Isinya
- Kinoko (jamur)
- Cabbage (kol)
- Broccoli 
- Kabocha (labu kuning)
- Ninjin (wortel)
- Imo (ubi jalar)
- Tamanegi (bawang bombay)
- Tofu (tahu)
-Ebi (udang)
- Sakana (ikan)
- Tori niku  (daging ayam)
 cara membuat
-  memarkan bawang putih lalu tumis dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan jus/pasta tomat, tambahkan garam, aduk perlahan hingga mendidih dan jika terlalu kental, boleh ditambahkan air.
- Untuk isinya, masukkan sayuran  yang membutuhkan waktu lama terlebih dahulu kayak wortel, labu, ubi jalar, kol, dst..


Tomato Nabe




Taking a picture before eating
 Gampang, praktis, menyehatkan dan sangat pas dinikmati selama musim dingin karena disajikan panas-panas...tak heran nabe menjadi pilihan favori.

Eh ada satu hal yang unik di penghujung nabe party ini...saat kami hendak pamitan, kedua cewek Jepang itu tiba-tiba nyodorin struk belanja bahan nabe party. Waah rupanya...kami harus urunan membayar toh, kirain hanya di undang makan gratisan karena sebelumnya mereka hanya mengundang kami untuk makan-makan saja. Berasa makan di restoran saja ;) ....Nambah pengalaman, baru nyadar betapa beraneka ragamnya adat kebiasaan dan budaya tiap negara.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cultural Festival ?? Let's learn from Fukuoka...

Kunjungan ke Pabrik Mentaiko

............... My first " Undokai".....................