............... My first " Undokai".....................

I luph kidszz..yeah! Hal inilah yang membuatku sangat antuasias merespon tawaran d' Lutfi..salah seorang pengurus PPIF..untuk berpartisipasi pada kegiatan Undokai di SD Nagaito. Maklum saja, sudah 7 bulan lebih di Jepun, tapi belum skalipun diriku berkesempatan bisa ngunjungin sekolahan baik itu TK maupun SD (maap yah..g' begitu tertarik SMP & SMA, sudah g' unyu-unyu lagi mnurutku ;P )

SD Nagaito itu letaknya yah di Nagaito, hampir sejam an lah dari Fukuoka..start dari station Hakozaki Kyudai Mae trus ganti kereta di sta Nakasu Kawabata yang ke arah Chikuzen Maebaru..total biaya transport return 1,680 yen. Pihak sekolah mengutus dua orang yang masing-masing mengendarai mobil untuk menjemput kami di Chikuzen Maebaru sta. Waah bener-bener tamu istimewa :) yang menjemput menyambut kami dengan sangat ramah. Menurut d' Lutfi, hubungan dengan SD Nagaito telah terjalin beberapa tahun dan hal itu diprakarsai oleh para decision maker SD Nagaito  yang ingin memberi kesempatan kepada para murid dan guru untuk memiliki wawasan tentang dunia luar melalui interaksi dengan pelajar asing.

Tak sampai sepuluh menit rombongan kecil kami tiba di SD.Nagaito. Areal sekolahan mereka sangat luaaaas..dengar-dengar sih hampir semua sekolah di Jepang ky' gitu, dilengkapi dengan lapangan outdoor, indoor bahkan kolam renang. Kami digiring menuju lapangan tempat Undokai berlangsung. Oh iyah, Undokai itu sports festival/event/competition yang diselenggarakan ditingkat sekolah dasar (hmm untuk tingkat SMP sih kata beberapa orang Jepun, nda seheboh ini )..kalo di Indonesia tuh kaya' PORSENI.

Disekeliling lapangan berderet tenda-tenda, satu sisi ret khusus untuk panitia dan tamu-tamu kehormatan..salah satunya yah rombongan kami ini dan  tiga sisi lainnya telah diperuntukkan bagi para murid (mereka duduk berkelompok berdasarkan pembagian grup dan dibawah tenda ini, mereka juga berperan sebagi tim supporter) dan juga keluarga mereka.

Semua terlihat sangat antusias menyambut event ini.. mulai dari bapak,ibu, saudara, kakek,nenek, tante, om, pokoknya semua pada datang untuk menyaksikan bahkan berpartisipasi !..Ini hal pertama yang membedakan Undokai dengan PORSENI. Mereka menjadikan event ini sebagai sarana bersilaturrahim, berkumpul, menjalin keakraban baik dengan pihak sekolah, anggota keluarga maupun dengan keluarga murid yang lain. Bahkan bisa dibilang hampir seluruh warga Nagaito melebur dalam keceriaan dan kehangatan. Dan yang tak kalah menariknya, tiap keluarga membawa aneka bento..yang ditata apik ditenda masing-masing..hmmm aku hanya bisa menahan liur ketika melewati tenda mereka :)

Undokai - Sports Day.
Bentonya euy ...


Oups pembeda yang kedua..ternyata Undokai tuh lebih serius dari PORSENI versi sekolah ku dulu. Mereka mengawalinya dengan prosesi upacara pembukaan, parade para peserta, ada sambutan dari kepala sekolah, laporan kesiapan dari dua orang  perwakilan siswa yang terbagi atas dua regu Merah & Putih, tarian tradisional anak Jepang, sampai senam  strecthing bagi semua..yah termasuk kami penonton (sepertinya persiapan supaya g' pegel karena bakal berada dilokasi dari sekitar pukul 8am - 3pm ;p )


Persiapan Parade

Rombongan Parade anak kelas 1& 2

Rombongan Parade anak kelas 3-6..selain beda warna seragam, mereka juga gak bersepatu but no worries, yakin dh 
 pihak sekolah sudah memastikan lapangan itu aman terbebas dari beling de el el yg bisa melukai kaki anak

Rombongan orang dewasa yang terdiri dari para ortu murid serta komunitas di Nagaito
Upacara pembukaan Undokai

Demonstarsi Yel-Yel dari Grup Merah


Demonstrasi Yel-yel dari grup Putih



Video ini rekaman sesi dance siswa kelas 1-2 dengan bapak/ibu mereka. Pantes aja di film-film Jepang, tiap ada festival sekolah para orang tua berupaya hadir demi tidak mengecewakan sang anak.


Photo: Traditional dance of Japanese kids
Tarian traditional






Beragam pertunjukan seni dan kompetisi olah raga dilakukan oleh para siswa, orang tua dan warga nagaito di event ini. Ketangkasan, kegesitan dan kekompakan merupakan kata kunci untuk memenangkan tiap game namun bukan itu tujuan utama dari event  ini.



Ini tuh lomba adu cepat make hula hoop





Ayo Otoosan..Ganbatte !!


Tarik tambang, ternyata ada juga di Jepang dan ini salah satu pertandingan yang ku ikuti


Performance dari salah satu komunitas Nagaito
 

Oh iyah hal menarik lainnya para guru dan orang tua terkesan melatih anak mereka agar memiliki fisik yang kuat. Event ini berlangsung dari pagi sampe jam 3 sore jadi kebayang bagaimana teriknya matahari ..tapi para tetap enjoy dengan aktivitas mereka.. Ingat jamanku kanak-kanak dulu..main lari-larian ditengah terik matahari siang, ditegur sama guru..katanya nanti kami bisa pusing. Selain itu, ketika beberapa kali dari para siswa jatuh tersungkur atau terjungkal, pihak guru tidak merespon berlebihan..makanya mereka segera bangkit dan lanjut main lagi.

Overall, undokai itu festival yang menyenangkan.. bisa menumbuhkan kebersamaan dan ikatan kuat antar keluarga maupun komunitas. Suatu budaya positif yang akan selalu dilakukan dari generasi ke generasi sehingga menciptakan komunitas yang solid.I really enjoyed it ;)















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cultural Festival ?? Let's learn from Fukuoka...

Kunjungan ke Pabrik Mentaiko