Kyushu Fukuoka Food Sampling Party



Dear my future grandchild...

Kalo besok kalian dapat kesempatan kuliah di luar negeri, jangan hanya belajar melulu yaah...Luar negeri lho, sudah pasti banyak hal baru, berbeda dan menarik untuk di eksplore. Jangan males up date info tentang event apapun apalagi yang gratisan ;) kalian bakal dapat banyak pengalaman .

Nah disini di Fukuoka, ada ``Fukuoka Now`` majalah online yang bisa diandalkan sebagai sumber info untuk meng update berbagai informasi termasuk event yang berlangsung di Fukuoka city dan  Kyushu island. Berhubung disajikan dalam bahasa  Jepang dan Inggris, granny jadi lumayan rajin nyari-nyari info di situs ini. Kyushu-Fukuoka Local Food Sampling Party adalah salah satu event gratisan yang menarik dan granny beruntung bisa terpilih jadi salah satu peserta.

Beruntung? Ya iya dunk.. ini event tuh pesertanya dibatasi hanya sekitar 30 orang yang berasal dari berbagai negara.Calon peserta harus mengisi form secara online yang beberapa pertanyaannya lumayan mirip kalo kita apply pekerjaan atau beasiswa ``Mengapa anda tertarik mengikuti event ini? Apa motivasi anda mengikuti event ini?`` kurang lebih seperti itulah...

Alhamdulillah granny terpilih sebagai satu-satunya delegasi Indonesia, jiaaaaaahhh (ini tuh kbetulan hanya granny yang orang Indonesia yang daftar)..... Lalu apa yang granny dan peserta lain lakukan di event tersebut? Event ini tuh di koordinir oleh pihak Fukuoka city hall dan Fukuoka Food Business Association. Ada 16 produsen makanan asal Kyushu dan Fukuoka  berorientasi untuk mengekspor produk mereka ke luar negeri, event ini diselenggarakan untuk mencari tahu respon pasar luar negeri atas produk mereka. Fukuoka city hall adalah venue strategis dimana event ini berlangsung.

 Jadi, kami..tiga puluhan warga asing dari 17 negara  (America, Australia, Belgium, Canada, France, India, Indonesia, Italy, Korea, Nepal, Singapore, Spain, Taiwan, Thailand, UK, Uzbekistan, Vietnam)...berperan sebagai ``Foreign Food Tasting Monitor``  memberi pendapat atas cita rasa produk mereka dan apa produk mereka bisa diterima di negara kami masing-masing.

Salut banget atas upaya mereka (Pemerintah dan Pengusaha Kyushu-Fukuoka) menyelenggarakan event ini secara professional. Kami para foreigner diberi questionnaire untuk menilai produk dari para produsen: Ishibashiya (konyaku), Takahashi Shoten (seasonings), Ajino Hyoshiro (dashi/soup stock), Inokuchi Shokuhin (nori/seaweed), Hakata Uchikawa (mentai/spicy cod roe), Tsurumiso Jozo (miso), Aso Japan (ice-cream), Nishifuku Seicha (tea), Hiyoko (sweets), Hayashi Kyuemon Shoten (katsuobushi/tuna flakes) Kyushu Suzo (vinegar), Yamaguchi Aburaya Fukutaro (mentai/spicy cod roe).

The Questionnaire ^-^


Foreign Food Monitor are doing their job, they taste and give comments on the products


Bahkan pihak EO menganjurkan kami untuk memberi direct feedback kepada para produsen. Granny karena terbiasa dengan makanan yang kaya bumbu, jadi lumayan cerewet mengomentari beberapa produk yang mencantumkan bahan seperti bawang putih tapi sama sekali tidak berasa bawang putih atau rasanya terlalu asin untuk ukuran orang Indonesia :)

Miso sauce produced by Tsurumiso Jozo company
Miso pizza produced by Tsurumiso Jozo company
Sushi roll with mentai/cod roe by Hakata Uchikawa
Buffalo wing by Takahashi Shoten

Yoghurt Mousse by Itoshima milk plant
Aduuh yang ini tuh nda ada dalam list tapi unik banget idenya

Kenapa unik? ini tuh sup instant..  yang berbentuk kaya ` kerang ini mirip kue sus kering terus diisi dengan ikan (ky abon) dan kalo disiram dgn air panas bakal lumer menyatu dengan isinya si abon ikan itu. Produk unik ini sudah di ekspor ke Hongkong and Taiwan bahkan mnurut produsennya kemaren mereka sempat mencoba cari tahu untuk di ekspor ke Indonesia dan Malaysia tapi terkendala dalam memperoleh label halal.

Overall eventnya kerennn deh ...mana sama panitia kita dikasi goodie bag yang isinya sampling pdari hampir semua product yang kami cicipi plus duit transport seribu yen....huwaaaaa pengen lagi euy kalo ada event serupa...

Sampling product from the organizer

Transport fee from the organizer

Reference :
http://fukuoka-now.com/2012/12/kyushu-fukuoka-local-food-sampling-party/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cultural Festival ?? Let's learn from Fukuoka...

Kunjungan ke Pabrik Mentaiko

............... My first " Undokai".....................