Sepanjang Jalan Ke Mesjid

Assalamualaikum sayangku, bagaimana kabar kalian hari ini ? Semoga sehat yaaa

Terhitung sudah tiga hari granny menempuh jarak sekitar 1-2km (pergi pulang)  mesjid dengan berjalan kaki agar bisa merasakan atmosfer ramadhan di Fukuoka.  Granny sangat menikmati perjalanan menuju mesjid karena langit masih terang meski waktu telah menunjukkan pukul 19.00pm. Beragam pemandangan menarik bisa granny abadikan lewat kamera hp... Let`s take a look on these 



]


Ini nih tipikal private apato yang berada disekitar tempat tinggal granny. Berhubung harga tanah untuk membangun rumah di Jepang mahalnya selangit jadi apato, mansion atau apalah namanya merupakan pilihan yang paling rasional bagi warga lokal.






Merupakan fasilitas standar tiap apato atau sekitarnya dilengkapi dengan lahan parkir,  nah si penghuni apato biasanya bayar fee parkirnya per bulan atau per tahun. Namun bagi mereka yang bukan penghuni, charge nya bisa dari 100 Jpy/menit bahkan lebih mahal tergantung lokasinya. Pekerjaan sebagai tukang parkir di Jepang nampaknya tidak populer, para pengguna fasilitas parkir mendapatkan tiketnya melalui mesin ini.






Meski harga tanah mahal tapi tetap ada warga lokal yang memiliki rumah pribadi. Granny suka banget rumah yang difoto ini, nampak dari belakang design Jepangnya kental banget...atapnya, dindingnya, jendelanya, pagarnya, sukaaaaa <3




Ada yang bisa menebak ini bangunan apa ? Granny sengaja ngambil gambarnya dari sudut supaya gak jelas-jelas amat kalo dibalik pagar beton itu berjejer pusara para warga. Agak sereem juga sih, tapi kalo siang hari sering banget granny melihat banyak mobil markir disekeliling makam tersebut. Granny pikir mobil peziarah, tapi setelah beberapa kali melintas dan mengamati, ternyata mereka yang nongkrong itu kebanyakan bapak-bapak lagi ngasoh, nyalain ac sambil tidur atau membaca didalam mobil. Ck ck ck nda ada tempat lain apa.

Di seberang kuburan kalian bisa melihat jalan layang yang merupakan jalur kereta. Nah ruang dibawah jalan layang ini pemanfaatannya beraneka ragam. Mari kita lihat....






Granny tidak tahu pasti apa kotak - kotak besi ini, mungkin kontainer yang berfungsi sebagi gudang atau bahkan tempat tinggal. Tapi kalo tempat tinggal..waaah bisa dibayangkan betapa penghuninya harus terbiasa dengan getaran serta suara berisik ketika kereta melintas. Jumlah kotak besi ini lumayan banyak disepanjang ruang dibawah jalan layang.



Yup...lahan parkir ! Ruang dibawah jalan layang ini dimanfaatkan sebagi tempat parkir bagi warga sekitar. Gak ada mesin parkir, apa ini berarti bisa parkir gratis ya?? :)


Huwaaaaaaaaaaaaa maaap, noraknya kumat...ngeliat ``Hummer`` putih markir dibawah jalan layang ini. Hummer cin, salah satu mobil impian granny!! Di Jepang harga mobil jauh lebih murah di
banding harga rumah pribadi atau harga tanah khususnya di kota besar. Jadi jangan heran kalo mobil bukan barang mewah, affordable lah bagi warga Jepang. Merci,bmw,hummer, subaru, etc.. seliweran dan diparkir dengan santainya dimana saja..yah kayak si hummer putih ini (faktor keamanan juga berperan tentunya :P )






Nah bagian ini yang juara menurut granny <3 <3  bisa dikategorikan sebagai jogging track, communal space atau apa saja yang terkait dengan ruang publik. Dengan panjang sekitar 400 meter dibawah fly over, track ini dilengkapi berbagai fasilitas relaksasi atau rekreasi warga.


Fasilitas pertama adalah sitting space............ada tempat duduk euy, kalo  merasa capek ditengah perjalanan, silahkan beristirahat sejenak. 


Fasilitas berikutnya adalah fasilitas olah raga yang terbuat dari besi, bentuknya macem-macem dan disertai dengan petunjuk pemakaian










Bahkan fasilitas akupuntur pun ada, lengkap dengan  petunjuk yang sangat detil.  Takjub , nahan iler...








Dibawah fly over ini juga tersedia zebra cross yang merupakan fasilitas bagi para pejalanan kaki untuk melintas. Amaaan....






Akhirnyaaa... nampak mesjid An-Nur Fukuoka





Oh iya, diseberang mesjid masih dibawah flyover ada pet care lho. Para pecinta binatang biasanya membawa piaraan mereka untuk sekedar bermain, nyalon atau nyari stok makanan.






Sekedar melintas atau pun berolahraga dibawah fly over sangat nyaman...dimalam hari ada lampu jalan yang menerangi, selain itu material jalannya adalah rubber atau karet (hmm mungkin ini hasil daur ulang ban bekas) 




Well..itu lah pemandangan sepanjang jalan kenangan..oups, jalan ke mesjid yang menarik perhatian granny. Have a nice weekend, my dear :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cultural Festival ?? Let's learn from Fukuoka...

Kunjungan ke Pabrik Mentaiko

............... My first " Undokai".....................